by

Tokoh Ulama Indramayu Kiai Abas, sosok yang Humanis

Indramayu, KN

Masyarakat Indramayu Mengungkapkan kekagamumannya pada sosok KH Abas Assafah Abdul Djalil. Ia adalah kiai yang dikagumi masyarakat dan para santrinya.

Bapak Abas ( panggilan akrab) keseharian para santri dan masyarakat Segeran Indramayu menyapanya, merupakan sosok yang humoris, dan selalu menekankan humanisme.

Sosok Kiai Abas kerap mengajarkan ajaran Islam akan tetapi tidak melalui ayat-ayat atau dalil, melainkan melalui perlakuan dan perbuatan. Seperti kejujuran.
“Beliau selalu menekankan kepada santrinya jangan sampai tinggalkan sholat. Beliau merupakan sosok yang pemikirannya universal dan tidak pernah memandang latar belakang agama maupun suku dalam hubungan sosialnya, banyak orang yang memegang betul ajarannya dan meneladaninya. saat menjadi wakil DPRD Indramayu begitu kental soal toleransi dan keutuhan bangsa.
Penerus yayasan Yabujah dari ibundanya yaitu Ibu siti Khodijah patut dijadikan panutan dan contoh oleh setiap orang, tingkah laku, kewibawaan, dan sosial kepada semua orang. Tak terkecuali kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Ketika Wartawan KN menyambangi Pesantrennya di kampus Putih Segeran Indramayu Jawa Barat disambut begitu hangat dan sempat memberikan kesejukan dalam hati.

Gaya bahasanya yang datar penuh petuah, pemikiran filsafatnya begitu dalam dan mengedepankan nilai dan kedudukan manusia serta menjadikannya sebagai kriteria dalam segala hal. Pandangannya terfokus pada martabat dan kebudiluhuran yang dihasilkan umat manusia semata-mata adalah fitroh.
” Pesan saya jangan menunda atau tinggalkan sholat,” ucapnya.

Kiai Abas dikenal mempunyai jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. “Beliau adalah sosok kiai NU yang memiliki jiwa nasionalisme.

Apalagi jika berbicara mengenai Pancasila dan NKRI baik di ponpes maupun saat di kediamannya sangat menjiwai. Beliau adalah sosok yang sangat dekat dengan santri-santrinya, juga lingkungan dan masyarakatnya.

KH. Abas Assafah AD, S.Ag., MSi, yang lahir 6 Juli 1961 memiliki kepribadian yang cukup
sederhana. Selain itu, ketua Yayasan Ibu Hj. Hodijah (Yabujah) ini merupakan tokoh yang sukses dalam memajukan dunia pendidikan agama dan Umum di Kota Indramayu. ( idi. S)

Comment

Kabar Nusantara News Feed