by

Samsat Bandung Tengah Jadi Samsat Pertama Yang Akan Menerapkan Zona Integritas

Bandung, KN

Ditlantas Polda Jabar bersama seluruh anggota Samsat Bandung Tengah menandatangani pakta integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi .  merupakan bagian dari reformasi birokrasi dalam hal pelayanan kepada masyarakat wajib pajak khususnya.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kasubdit Regident Polda Jabar AKBP.Satya Widhi W. S.ik dan Kepala Pusat Samsat Bandung Tengah, Rohana di kantor Samsat Bandung Tengah, Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Jumat (12/7/2019).

Satya menyatakan “bahwa komitmen ini adalah persiapan sekaligus langkah awal mewujudkan zona integritas.semua pihak yang terkait sudah sepakat untuk memulai serta mengawal seluruh proses tentang pelayanan berjalan agar sesuai aturan yang berlaku.

“ Butuh proses yang lama bagi kami khususnya para pembina samsat untuk mempersiapkan diri untuk menerapkan zona integritas. Ini langkah awal. Kami sebagai para pembina samsat baik dari Polda Jabar,bapenda dan jasa raharja akan ikut aktif mengawal pelayanan di samsat agar sesuai aturan dan SOP,”  ujarnya.

Terkait pekayanan samsat di Bandung kami semua sudah melakukan perbaikan- perbaikan dan menambah inovasi -inovasi untuk memudahkan pelayanan bagi wajib pajak’

“Memang masih ada beberapa laporan tentang pencaloan, Tapi kami tetap berusaha menutup ruang lingkup para calo dan menerapkan aturan yang berlaku dan terus mensosialisasi setiap aturan dan program yang ada di samsat dan kamipun menghibau agar masyarakat atau wajib pajak untuk  mau mengurus sendiri berkas kendaraannya, tampa melalui jasa jasa orang lain ataupun calo,” jelasnya.

Para pelaku suap baik anggota Polri atau masyarakat, pihaknya akan menyiapkan sanksi. Ia mengingatkan, kolusi itu tidak akan terjadi kalau kedua belah pihak tidak mengamini.

“Kalau polisinya tidak mau tapi masyarakat mau itu tidak akan terjadi, sebaliknya. Sama halnya, keberadaan calo kan bergantung adanya permintaan. Kalau permintaannya tidak ada, maka tidak ada calo. Kami imbau jangan menggunakan biro jasa dan calo, lagi pula itu akan menambah beban biaya,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Samsat Bandung Tengah, Drs.Rohana.MM mengaku masih mempersiapkan semua sarana prasarana dan administrasi untuk merealisasikan zona integritas.

“Masih banyak yang harus kami bangun. Kantor kami ditunjuk sebagai percontohan. Maka, semua harus disiapkan dengan baik,” ucap Rohana.

Selain bangunan, pihaknya sedang menyiapkan sistem untuk mempermudah pelayanan keoada masyarakat. Itu pun sebagai salah satu upaya menekan angka pungutan liar. “Kami menyiapkan sistem online maupun pelayanan di outlet dan banyak lagi cara pembayaran pajak lainnya.  (herly)

Comment

Kabar Nusantara News Feed