by

Bupati Indramayu H. Supendi Resmi Melantik Carkana Kuwu PAW Desa Cempeh

Indramayu, KN

Bupati Indramayu, Drs. H. Supendi, Msi, secara resmi melantik dan mengambil sumpah Carkana sebagai Kuwu Desa Cempeh Kecamatan Lelea Kab. Indramayu Jawa Barat, Penetapan Carkana sebagai kuwu terpilih merupakan hasil musyawarah desa pemilihan kuwu antar waktu pada tanggal 3 Juli 2019 pekan lalu. Prosesi pelantikan kuwu dihadiri oleh ratusan masyarakat yang secara langsung datang ke halaman kantor desa setempat, Kamis (05/08/2019).

Acara pelantikan yang bertempat di Halaman Kantor Kuwu Desa Cempeh tersebut, turut dihadiri Kepala DPMD Kabupaten Indramayu, Drs. H. Sugeng Heriyanto Msi, Camat Lelea Hatta Dirja SSTP, Kapolsek AKBP Karisman, Danramil Kapten Inf. Tama Haryono, Kuwu se Kecamatan Lelea, lembaga desa, BPD, LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama, Ibu-ibu TP PKK tingkat Kecamatan/Desa, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Indramayu, H. Supendi mengatakan, dirinya berpesan kepada Kuwu Desa Cempeh yang baru, Carkana, agar bisa membawa Desa Cempeh kearah yang lebih lagi.

Atas kepercayaan masyarakatnya, agar bisa merangkul seluruh elemen masyarakat, seluruh program pembangunan di desa tersebut dapat berjalan lebih baik lagi.                               

” Utamanya dalam menata dan mengelola program-program pembangunan, Jalankan managemen administrasi desa dengan baik, kelola dan tata sesuai peraturan yang ada, serta jalin sinergitas dengan unsur masyarakat lainnya, demi kemajuan Desa Cempeh,” pinta H. Supendi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu, Drs. H. Sugeng Heryanto Msi, mengatakan, proses pemilihan kuwu penggantian antar waktu ini, berdasarkan hasil dari musyawarah pemilihan kuwu maka dipilihlah Carkana untuk mengemban amanah untuk memimpin Desa Cempeh melanjutkan pembangunan sampai dengan berakhirnya masa jabatan kuwu.

Sugeng menambahkan, kuwu yang baru dilantik harus bisa lebih memajukan desa yang saat ini dipimpinnya. Selama ini apa yang dilakukan oleh kuwu sebelumnya sudah baik, hal ini harus bisa lebih ditingkatkan terutama pelayanan kepada publik.

Dengan hadirnya kuwu baru bersama dengan semua masyarakat memiliki semangat untuk membangun desa sehingga bisa mencerminkan nilai positif, dan progress pembangunannya bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Sugeng.

Sementara itu Camat Lelea Hatta Dirja SSTP meminta agar kuwu yang baru saja dilantik untuk dapat melaksanakan program kerja dan kegiatan kuwu sebelumnya yang telah ditetapkan dalam program kerja dan APBDes.

“Sebagai Kuwu terpilih untuk melaksanakan pembangunan bersama dengan lembaga-lembaga lainnya yang ada di Desa Cempeh ini,” terangHatta.

Hatta menambahkan, adanya perubahan paradigma pengelolaan keuangan desa sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 6/2014 tentang desa dan semua regulasi turunannya, harus diikuti pula dengan pergeseran paradigma tata kelola keuangan desa yang tidak hanya mengandalkan dana desa yang bersumber dari APBN, Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Indramayu, batuan keuangan dari APBD Provinsi Jawa Barat dan bantuan keuangan lainnya, akan tetapi secara optimal harus mampu menggali potensi desa yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan asli desa.

Sementara Kuwu Carkana menegaskan, Ia bertekad akan menjalin sinergitas dan kerja sama yang baik dengan semua pihak, khususnya lembaga desa dan masyarakat Desa Cempeh.

” Tanggung jawab saya, akan menjalankan amanah masyarakat dengan sebaik – baiknya dalam membawa Desa Cempeh menjadi Desa yang maju dalam segi pembangunan dan lainnya. Program-program yang sebelumnya tertunda akan saya lanjutkan untuk kebaikan masyarakat Desa Cempeh pada umumnya,” tegas Kuwu Carkana. ( Idi. S)

Comment

Kabar Nusantara Online