by

Bangun Karakter Siswa-siswi Lewat Upacara Senin Pagi

Indramayu, KN
Budaya upacara senin pagi untuk melatih disiplin siwa dan siswi, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Senin. Para siswa dan siswi tanpa harus diberi komando langsung menempatkan barisan di depan halaman sekolah SDN pengauban I sesuai dengan kelasnya masing-masing.
Sebelum upacara dimula, diawali degan pembacaan ayat sucu al-quran, kemudian dilanjutakan dengan pembina upacara memasuki lapangan upacara, penghormatan kepada pembina upacara, laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara, Pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia raya dianjutkan dengan mengenigkan cipta dan seterusnya.
Pembina upacara dalam sambutannya memaparkan. Membanguan karakter siswa dan siswi disiplin lewat upacara seninl bagi merupakan sebuah aturan sekolah yang harus di taati bukan untuk ditakuti, karena disiplin akan menghindarkan kita dari sifdat-sifat yang tidak baik.Jangan bermalas-malasan, ingin hidup seenaknya mengikuti keinginan hatinya, pekerjaan sebagai suatu kewajiban apapun beban yang harus dilakukan, bukan sebagai kesenangan,“ jelsnya.
Pepatah mengatakan “ akan lebih mudah menerapkan disiplin diri jika kita mencintai apa yang kita kerjakan. Disiplinan harus dilakukan dari diri kita sendiri yang merupakan suatu kebiasaan yang kita lakukan secara berkesinambungan sehingga menjadi suatu hal yang biasa untuk meraih tujuan hidup yang menentukan masa depan kita,“ ungkap Een Suhendi UPTD I Pangauban. (Lilik rakiyah)

Comment

Kabar Nusantara Online